Chivaz [dot] net

Informasi Harga Dan Tips Terbaru

Random Post
HandPhone Jam Tangan Mito s500

HandPhone Jam Tangan Mito s500

HandPhone Jam Tangan Mito s500 – kemajuan teknologi ponsel dan ketatnya persaingan perebutan pangsa pasar, para produsen ponsel pun berlomba-lomba untuk memberikan inovasi-inovasi yang bisa […]

Cara Menghapus Instalasi Dobel Saat Booting Pada Windows XP

Cara Menghapus Instalasi Dobel Saat Booting Pada Windows XP - Masalah booting dobel sering kita jumpai setelah kita melakukan install ulang windows XP. Sebelum instalasi, Windows melakukan pengecekan sistem operasi yang telah terinstal. Masalah akan muncul bila kita salah memilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi. Akibatnya akan ada dua, tiga bahkan empat buah Windows XP di dalam satu PC!. Tandanya adalah muncul pilihan untuk memilih sistem operasi yang digunakan ketika pertama kali booting.

Kasus yang sering kita temukan adalah adanya 2 OS Windows boot log on yang tidak sengaja ter-install akibat instalasi windows yang tidak sempurna. Seperti gambar ini contohnya :

Cara Menghapus Instalasi Dobel Saat Booting Pada Windows XP

Pada saat booting, windows memberikan 2 pilihan OS untuk log on windows. Terlihat pada pilihan kedua OS masih dalam bentuk SETUP, ini berarti installasi windows yang pertama tidak sempurna dan tidak di hapus sebelum melakukan instalasi windows yang kedua.

Cara Menghapus Instalasi Dobel Saat Booting Pada Windows XP.

Ada cara untuk menghilangkan salah satu OS yang tidak diinginkan tersebut sehingga setiap kali log on windows kita tidak perlu melakukan pemilihan OS untuk log on.

Untuk menghilangkannya tidak bisa cuma dengan menghapus direktori WINDOWS. So? Pertama kali kita harus masuk ke instalasi yang benar. Setelah itu cari file boot.ini yang terletak di DRIVE C:. Isinya akan terlihat seperti di bawah ini:
Gambar. File boot.ini

Sebelum mengubah file boot.ini, sebaiknya kalian mem-backup dahulu file tersebut. Bila terjadi kesalahan, kalian hanya perlu mengganti file boot.ini yang salah dengan file backup boot.ini. Hapus salah satu baris di bawah [operating systems]. Baris yang dihapus merupakan instalasi windows xp yang ingin dihapus. Perhatikan bagian default. Bagian ini harus mengacu pada instalasi yang ingin dipertahankan. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.
Restart komputer kalian. Bila proses booting lancar (tanpa ada pilihan dua sistem operasi), kalian dapat menghapus file instalasi windows yang sudah tidak diperlukan.

atau kalian juga bisa menggunakan cara berikut ini.

Untuk menghilangkan salah satu boot os dapat dilakukan dengan meng-edit file boot.ini. Caranya :

klik Start –> Run –> ketikkan : c:/boot.ini –>> ok atau Enter
maka akan terbuka file boot.ini dalam bentuk notepad :

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Windows XP Professional” /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS=”Windows XP Professional” /fastdetect

delete salah satu dari dua OS yang ter-list di file boot.ini (menurut pengalaman kasus yang sering ada, OS yang bermasalah selalu installasi OS yang pertama bukan yang terkahir, maka yang harus di delete adalah list no 2). Setelah di delete save kembali file boot.ini (simpan saja dengan pilihan save dan bukan save as).

Cara Menghapus Instalasi Dobel Saat Booting Pada Windows XP.

Silahkan ikuti cara-cara diatas secara seksama agar berhasil, semoga saja dengan beberapa cara diatas permasalahan pada laptop atau komputer anda yang mempunyai booting dobel bisa teratasi. Semoga berguna dan bermanfaat, sekian post kali ini mengenai Cara Menghapus Instalasi Dobel Saat Booting Pada Windows XP.


  • Chivaz | November 23rd, 2012 | No Comments
    Share
         
    Pin It  
  • Terbaru

  • Serba-Serbi

  • Komputer

  • Gadget

  • Game Gratis

  • Resep Masakan

  • Horoskop

  • Video

  • Statistik

    Komunitas Blogger Jogja
    DMCA.com
    W3 Directory - the World Wide Web Directory